Drop Cap,Columns,Header & Footer, Clip, Art, dan Watermark, Page Border, Smart art, Footnote dan Cooment
1. Drop Cap
Cara Menggunakan Drop Cap
Drop Cap merupakan suatu paragraf yang dimulai dengan hruf yang lebih besar dibandingkan dengan huruf yang dipakai pada keseluruhan paragraf. Umumnya dalam pengetikan artikel, huruf awal dibuat tampak supaya lebih besar dan menarik perhatian pembaca.
Biasanya dalam penulisan naskah atau artikel, huruf pertama awal paragraf ditulis sedemikian rupa agar kalimat lebih menonjol, dengan begitu akan menarik pembaca. Ms Word mempunyai tool untuk membuat hal tersebut, tak hanya untukl artikel drop cap digunakan untuk penulisan newsletter, penulisan dokumen yang lainnya yang membutuhkan menampilkan huruf awal kalimat. aplikasi word paling banyak digunakan dalam mengolah data di seluruh dunia, word memiliki banyak fitur-fitur yang bisa memudahkan pengguna untuk melakukan penulisan dokumen. Menggunakan word memiliki fitur-fitur yang bisa membuat pengguna nyaman pengguna untuk melakukan pekerjaan.
Dalam dunia kerja, terutama yang berkecimpung dalam dunia jurnalis sangat membutuhkan fitur-fitur word untuk diterapkan dalam penulisan naskah dokumen. fitur drop cap banyak dipakai jurnalis untuk menulis documen. Dalam menulis sebuah naskah terkadang membutuhkan drop cap sebagai awal penulisan dari sebuah kalimat.
2. Colums
Berfungsi untuk membuat kolom pada lembar kerja yang telah dibuat pada saat membuat jurnal yang menggunakan mode tulisan 2 kolom maka dapat menggunakan fungsi tersebut,dan colum sendiri terletak pada page layout.
3. Header dan Footer
Dalam microsof word Header dan Footer berfungsi sebagai catatan atau tulisan yang berada di bagian atas dan bagian bawah sebuah dokumen yang akan muncul terus menerus pada dokumen berikutnya. Catatan yang berada pada bagian atas dinamakan header dan catatan yang berada dibagian bawah dokumen disebut dengan footer.
Untuk permulaan membuat header dan footer pada microsoft word trasa sulit dan membingungkan.Berikut langkah-langkah membuat header dan footer pada microsoft word.
1. Buka lembar kerja ms word anda
2.Selanjutnya klik insert pada menu bar
3. Pada kolom pilih header untuk menambahkan tulisan yang berada di atas artikel .
4. Dan pilih kolom Footer untuk menambahkan tulisan yang berada di bagian bawah.
5. Ketika tombol header atau footer ldi klik maka akan muncul template dari header atau footer.
6.Scroll ke bawah untuk memilih template header dan footer, kemudian klik template pilihan anda.
7.Tulis catatan atau note pada header dan footer anda
4. Clip Artdan Watermark
Secara singkat , Clip Art atau yang khusus disebut Advance Audio Coding adalah kumpulan file gambar yang bisa diletakkan ke dalam dokumen. Clip Art ini terdapat di Aplikasi Microsoft Word
- Membuat Watermark Teks
- Yang pertama pastilah wajib untuk menyiapkan dokumen yang akan diberikan watermark.
- klik tab menu Page Layou setelah itu group Page Background dan lalu klik pada Watermark
- Kita bisa langsung memilih gaya dari watermark yang sudah disiapkan oleh Microsoft Word. Tapi agar lebih menarik, kita modifikasi sendiri saja watermarknya, tinggal mengklik bagian Custom Watermark yang ditunjuk tanda panah.
- Klik watermark dahulu, dari kolom yang ada mulai dari Language hingga Layout, kita bisa mengubahnya sesuka hati. Aturlah sedemikian rupa agar watermark tampak lebih menarik. Jika sudah klik OK
5. Page Border
Langkah-langkah membuat Page Border
- Pada tab Page Layout (Word 2007 – 2010) atau tab Design (Word 2013 ke atas), Page Background grup, klik Page Borders.
- Akan muncul Page Border tab pada kotak dialog Borders and Shading.
- 3. Di bagian Setting, pilih bentuk bingkai yang diinginkan, misalnya:
- a. Box: untuk membuat bingkai pada seluruh sisi halaman.
- b. Shadow: untuk membuat bingkai dengan efek bayangan.
- c. 3-D: untuk membuat bingkai dengan efek 3-D. Catatan: efek 3-D hanya bisa digunakan pada gaya garis tertentu saja.
- d. Custom: untuk membuat bingkai pada sisi tertentu halaman. Caranya: di bagian Preview, klik tombol atas, bawah, kanan, atau kiri.
- 4. Buat pengaturan pada:
- Style: untuk menentukan gaya garis bingkai.
- Color: untuk menentukan warna garis bingkai.
- Width: untuk menentukan ketebalan garis bingkai.
- Art: untuk memilih bingkai yang artistik, misalnya gambar bintang, pohon, dan lain-lain.
- 5. Selanjutnya buat pengaturan pada Apply to:
- Whole document: pilih pengaturan ini untuk memberi bingkai pada semua halaman dokumen.
- This section: untuk memberi bingkai pada semua halaman di section tertentu.
- This section – First page only: untuk memberi bingkai di halaman pertama section tertentu.
- This section – All except first page: untuk memberi bingkai pada semua halaman di section tertentu kecuali halaman pertama.
- 6. Untuk merubah bingkai halaman: pada Page Layout tab, Page Backgroundgrup, klik Page Borders. Buat perubahan yang diinginkan pada Page Border tab.
- 7. Untuk menghapus bingkai halaman: pada Page Layout tab, Page Backgroundgrup, klik Page Borders. Untuk menghapus seluruhnya, di bagian Setting, klik None. Untuk menghapus sisi tertentu saja, klik tombol bingkai di bagian Preview.
- 6. Smart Art
- Berikut adalah menggunakan salah satu jenis Smart Art yaitu hierarchy untuk membuat struktur organisasi.
- 1. Buka dokumen baru.
- 2. Klik tab insert lalu pilih ikon smart art.
- 3. Pilih hierarchy, kemudian tentukan format yang diinginkan lalu klik OK.
- 4. Setalah itu akan muncul format diagram yang telah dipilih.
- 5. Untuk mengganti teks klik pada tanda panah yang ada disisi kiri, lalu pilih teks yang akan diubah.
- 6. Untuk menambah diagram, klik pada diagram yang akan di tambah > tab design > add shape.
- 7. Untuk mengubah warna diagram, aktifkan diagram > tab design > cange color.
- 7. Footnote
- 1. Footno teterletak di bagian atas jendela, biasanya antara "Page Layout" dan "Mailings". Tab ini memungkinkan kita untuk menyisipkan berbagai alat referensi, seperti tabel isi, catatan kaki dan catatan akhir, kutipan, keterangan dan banyak lagi.
- 2. Tempatkan kursor di tempat yang Anda inginkan untuk memunculkan catatan kaki. Secara default, catatan kaki akan ditandai dengan angka superskrip yang naik di atas teks. Tempatkan kursor di tempat yang ingin Anda munculkan angkanya.
- 3. Klik tombol "Insert Footnote". Ini terletak di bagian "Footnotes" di tab "References". Angka catatan kaki akan disisipkan, dan bilah pemisah akan ditambahkan ke bagian bawah halaman. Kursor Anda secara otomatis akan diarahkan ke catatan kaki di bagian bawah halaman sehingga Anda dapat mengisinya.
- 4. Catatan akhir sama seperti catatan kaki, kecuali referensinya muncul di akhir dokumen. Secara default, catatan akhir diberi nomor dengan angka Romawi (i, ii, iii, dll).
- 5. Atau, kita dapat menekan Ctrl+Alt+F untuk membuat catatan kaki, atau Ctrl+Alt+D untuk membuat catatan akhir.
- 6. Ubahlah kapan penomoran catatan kaki Anda di setel ulang (reset). Secara default, catatan kaki Anda akan bertambah angkanya di seluruh dokumen. Anda dapat mengubahnya sehingga angkanya dimulai ulang di setiap halaman atau di section break (bagian jeda untuk melakukan pengaturan yang berbeda) dalam dokumen.[1]
- 7. Klik tombol Menu di pojok kanan bawah di bagian "Footnotes". Ini akan membuka jendela "Footnote and Endnote". Di bagian "Format", gunakan menu buka bawah (drop-down) "Numbering" untuk memilih kapan Anda menginginkan nomor catatan kaki dilakukan start ulang.
- 8. Anda dapat memasukkan section break ke dalam dokumen dengan mengeklik tab"Page Layout", mengeklik tombol "Breaks" di bagian "Page Setup", kemudian memilih jenis break yang ingin Anda masukkan. Selain mengubah cara penomoran catatan kaki, section break sangat bagus untuk membuat perubahan tata letak ke bagian dokumen tertentu.
- 9. Ubah format catatan kaki Jika Anda lebih suka menggunakan simbol daripada angka, ingin catatan kaki Anda muncul di bawah teks bukan di bagian bawah halaman, atau ingin penomorannya dimulai dengan nomor yang berbeda, Anda dapat mengubahnya dari jendela "Footnote and Endnote". Klik tombol Menu di pojok kanan bawah bagian "Footnotes" untuk membukanya.
- 10. Klik symbol untuk memilih simbol dari menu Symbol. Anda dapat memilih karakter apa saja dari jenis fonta (font) apa saja, meskipun fonta "Symbol" akan membuka secara default.
Komentar
Posting Komentar